Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Faktual

Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Faktual

 

Materi seputar Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Faktual diajarkan di kelas XII (12) SMA / SMK / MA. Nah sebelum lebih lanjut ke pengertian, kita kulik dulu perbedaan teks deskripsi faktual dan imajinatif.

 

Penjelasan Seputar Teks Deskripsi Faktual dan Teks Deskripsi Imajinatif

Secara umum, teks deskripsi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu; teks deskripsi faktual dan deskripsi imajinatif. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan teks deskripsi dan ciri-cirinya sebagai berikut.

 

Pengertian Teks / Paragraf Deskripsi

Deskripsi berasal dari bahasa Latin yaitu discribere yang artinya sebuah gambaran, rincian atau pemaparan/pembeberan. Teks deskripsi dapat diartikan sebagai suatu teks yang memberikan gambaran suatu objek atau peristiwa yang berdasarkan hasil dari proses pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis.

 

Pembagian dan Ciri-ciri Teks / Paragraf Deskripsi

Teks deskripsi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang pertama adalah teks deskripsi imajinatif atau imprsionis dan teks deskripsi faktual atau ekspositioris.

  • Teks Deskripsi imajinatif / impresionis adalah teks yang menggambarkan suatu peristiwa yang dilihat dari berbagai sudut pandang agar pembaca merasakan dan melihat dengan jelas mengenai perasaan penulis.
  • Sedangkan teks deskripsi factual / ekspositioris adalah teks yang menggambarkan sesuatu (bisa orang, benda atau peristiwa) yang dijelaskan secara apa adanya agar pembaca dapat membayangkan keadaan seperti yang sebenarnya. Pada teks desripsi ini, penulis harus memberikan berbagai sudut pandang. Jika penulisannya dijelaskan secara rinci, memungkinkan pembaca dapat membayangkan secara jelas isi dari teks yang disampaikan.

 

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Secara garis besar, teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, yaitu:

  1. Menggambarkan atau menjelaskan mengenai sesuatu.
  2. Penjelasan dilakukan dengan detail atau sejelas-jelasnya dengan melibatkan pengalaman panca indera.
  3. Berusaha membuat pembaca atau pendengar merasakan seperti mengalami, melihat dan mendengar suatu peristiwa atau adegan yang digambarkan dalam teks.

 

Struktur Teks Deskripsi Faktual

 

Struktur teks deskripsi tersusun menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Deskripsi umum adalah bagian yang menjelaskan tentang definisi atau identitas objek yang dideskripsikan.
  2. Deskripsi bagian adalah bagian yang menjelaskan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan. Pengklasifikasian dipaparkan/dijelaskan dengan rinci disertai gambaran yang jelas.

 

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

Membuat teks deskripsi harus mempertimbangkan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tentukan tema atau objek yang akan dibahas.
  2. Tentukan tujuannya.
  3. Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung tema atau objek yang akan dibahas.
  4. Setelah data-data terkumpul, lakukan penyusunan data (menyusun kerangka karangan).
  5. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan.

Teks deskripsi imajinatif maupun teks deskripsi faktual berperan untuk menghidupkan pokok pembahasan agar pembaca atau pendengar tidak bosan dan memberikan penjelasan yang efektif. Artinya deskripsi bisa bersifat fiktif ataupun argumentatif.

meta deskripsi; Apa itu teks deskripsi faktual? Untuk mengetahui lebih jelas, silakan baca artikel berikut ini.

Demikianlah materi pelajaran bahasa Indonesia kelas XII 12 mengenai Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Faktual

 

Be Sociable, Share!

Leave a Comment