Cara Mengetahui Makna yang Terkandung dalam Puisi dan Kata Bermakna Lambang

Cara Mengetahui Makna yang Terkandung dalam Puisi dan Kata Bermakna Lambang

 

Materi Makna yang Terkandung dalam Puisi dan Kata Bermakna Lambang termasuk pelajaran bahasa Indonesia SMA / SMK / MA kelas Kurikulum KTSP

 

Pengertian Puisi

Puisi adalah jenis karya sastra yang terikat, artinya penggunaan bahasa dalam puisi dipadatkan, dipersingkat, disusun dalam bentuk baris, diberi irama dengan pemilihan kata-kata yang imajinatif. Sebagai sebuah karya seni, puisi memiliki makna yang mendalam. Untuk mengetahui makna yang terkandung dalam puisi dan kata bermakna lambang, pembaca harus membaca puisi dengan seksama dan mengetahui apa saja faktor yang ada dalam puisi tersebut.

 

Unsur Puisi

Secara sederhana, puisi terdiri dari lima unsur, yaitu kata, larik, bait, bunyi dan makna. Berikut penjelasannya.

Kata dalam Puisi

Kata dalam puisi adalah unsur yang paling utama. Membuat puisi harus memilih kata (diksi) yang tepat karena kata-kata itulah yang menjadikan puisi utuh dan menjadi satu kesatuan dengan keempat unsur lainnya. Dalam puisi, diksi bisa berupa kata denotasi dan konotasi. Kata denotasi adalah kata yang memiliki makna/arti sebenarnya. Sedangkan konotasi adalah kata yang bukan makna sesungguhnya.

Baris atau Larik

Baris dalam puisi bisa berupa satu kata, bisa frasa atau sebuah kalimat. Pada puisi lama, jumlah kata yang digunakan dalam sebuah baris terdiri dari empat baris, pada puisi baru baris dalam sebuah puisi bisa tidak ada batasnya (lebih dari empat baris).

Bait

Bait dalam puisi adalah sekumpulan larik yang tersusun secara harmonis. Pada setiap bait memiliki hubungan atau kesatuan makna.

Bunyi

Susunan kata-kata dalam puisi yang baik memiliki musikalitas (nada atau bunyi) yang dibentuk oleh irama dan rima. Rima adalah bunyi yang ditimbulkan oleh kata-kata dalam bait dan larik. Sedangkan irama adalah pergantian tinggi rendahnya, panjang pendeknya dan keras lembutnya ucapan bunyi. Irama bisa disebabkan oleh pengulangan bunyi yang bervariasi dan berturut-turut, tekanan kata yang bergantian atau panjang pendeknya kata.

Makna

Makna dalam puisi adalah unsur tujuan dari pemilihan kata, pembentukan bait dan lirik. Makna bisa menjadi isi atau pesan yang hendak disampaikan dari puisi tersebut.

Demikian pembahasan mengenai puisi. Semoga dengan pembahasan tersebut dapat menambah pengetahuan dalam membuat atau membaca puisi. Ringkasnya untuk memahami dan menemukan makna yang terkandung dalam puisi dan kata bermakna lambang terlebih dahulu harus memperhatikan faktor-faktor yang ada dalam puisi tersebut.

meta deskripsi; Apa makna yang terkandung dalam puisi dan kata bermakna lambang? Berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Cara Mengetahui Makna yang Terkandung dalam Puisi dan Kata Bermakna Lambang

  1. Hafalkan susunan kata dari frasa-frasa penting tersebut secara tepat, sesuai dengan urutan yang ada pada puisi. Dengan begini, Anda dapat mengetahui garis besar yang singkat dari puisi tersebut, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk nantinya membuat kesimpulan dari puisi yang Anda hafalkan.

Leave a Comment