Pengertian, Struktur, dan Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks

Pengertian, Struktur, dan Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks

Penjelasan Seputar Teks Eksplanasi Kompleks
Teks Eksplanasi Kompleks merupakan salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas 11 SMA /SMK pada sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 atau kurikulum nasional. Selain itu teks ini juga diajarkan di kelas 7 SMP. Tanpa berpanjang kata mari kita kulik pengertian teks eksplanasi kompleks.

A. Pengertian Teks Eksplanasi Kompleks
Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi kompleks? Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai suatu akibat dari sesuatu yang terjadi sebelumnya dan menyebabkan sesuatu yang lain terjadi kemudian.
Berdasarkan pengertian tersebut, maka teks eksplanasi kompleks dapat diartikan suatu teks yang menjelaskan suatu keadaan atau proses terjadinya sesuatu. Teks eksplanasi mempunyai fungsi sosial yang bertujuan memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai peristiwa atau proses terjadinya sesuatu berdasarkan prinsip sebab akibat.
Teks eksplanasi berkaitan dengan peristiwa alam dan peristiwa sosial, contohnya: tentang banjir, tentang terjadinya pelangi, terjadinya kabut asap, dsb.

B. Ciri-ciri Teks Eksplanasi
Teks eskplanasi memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, yaitu:
1. Berisi informasi berdasarkan fakta.
2. Membahas suatu fenomena atau kejadian yang bersifat keilmuan.
3. Bersifat informatif namun tak berupaya mempengaruhi si pembaca untuk mempercayai apa yang dibahas dalam teks.
4. Memakai sequence markers, misalnya pertama, kedua, ketiga atau berikutnya, terakhir.

C. Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks
Sedangkan dari segi kebahasaan, teks eksplanasi memiliki ciri-ciri:
1. Menggunakan kata serapan
Kata serapan dibagi menjadi dua yaitu: kata serapan yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indonesia dan kata serapan yang sudah disesuaikan penulisan dan pengucapannya ke dalam kaidah bahasa Indonesia.
2. Konjungsi.
Konjungsi dibagi menjadi dua yaitu: konjungsi eksternal dan konjungsi internal.
3. Hubungan sebab akibat.

D. Struktur Teks Eksplanasi Kompleks
Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian, yaitu:
• Pernyataan Umum
Pernyataan umum atau general statement merupakan bagian pertama atau pembukaan. Pernyataan umum adalah bagian yang menyampaikan topik permasalahan yang menjadi pembahasan yaitu berupa gambaran umum mengenai apa, mengapa fenomena atau kejadian tersebut terjadi. Pernyataan umum harus ditulis dengan bahasa yang menarik, tujuannya agar pembaca tertarik, penasaran untuk membaca seluruh isi teks.
• Deretan Penjelas
Deretan penjelas atau sequence of explanation adalah penjelasan yang lebih mendalam mengenai topik yang dibahas. Deretan penjelas ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaiamana-urutan sebab akibat sebuah fenomena (topik yang dibahas) bisa terjadi.
• Bagian Akhir
Bagian akhir atau closing adalah bagian di mana penulis menarik kesimpulan dari penjelasan yang sudah dipaparkan sebelumnya. Di bagian penutup, penulis bisa menambahkan tanggapan atau saran terhadap topik yang dibahas.
Demikian pembahasan mengenai teks eksplanasi kompleks, semoga artikel ini bermanfaat!
meta deskripsi; Apakah yang dimaksud dengan teks eksplanasi kompleks? Jawabannya silakan cari di artikel berikut ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Comment