Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 (UTS 1)

Yayasan Ibadurrahman

Pondok Pesantren Modern Darul Huda

SMP IT Al Fawwaz

Kota Banjar


ULANGAN TENGAH SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2014/2015

 

Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia

Hari / tanggal        : Selasa, 22 Oktober 2014

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik! Kerjakan dengan jujur! Jangan mencontek! Jangan lupa berdoa!

 

  • Sebutkan struktur teks hasil observasi!
  • Bacalah teks berikut dan analisis strukturnya!

 

Dewi Sri

  1. Dewi Sri atau Dewi Padi merupakan tokoh mitos dalam rakyat Indonesia. Dewi Sri dianggap bisa mengendalikan bahan makanan di bumi, terutama padi yang menjadi bahan makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia. Cerita Dewi Sri ini dikenal sebagai mitos, yaitu cerita yang berkaitan dengan kepercayaan.
  2. Dewi Sri dianggap sebagai dewi tertinggi dan dewi terpenting bagi masyarakat agraris, seperti Indonesia. Sosok dewi ini diagungkan dan dimuliakan. Dalam cerita ini, Dewi Sri digambarkan sebagai putri kayangan santun dan cantik yang menikah dengan seorang lelaki bumi. Putri itu mempunyai sikap dan perilaku bertanggung jawab dan percaya diri. Ia selalu menyediakan makanan untuk keluarganya tanpa proses memasak. Namun, pada saat janji dilanggar oleh suaminya, Dewi Sri kembali ke kayangan. Sejak saat itu, manusia harus menanam padi dan memasak untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok.
  3. Cerita Dewi Sri atau Dewi Kayangan ini di Jawa terdapat dalam “Jaka Tarub”, di Banten “ “Sumur Tujuh”, di Bali cerita “Raja Pala”, di Nusa Tenggara Timur, “Tujuh  Bidadari”, dan di Nusa Tenggara Barat cerita “Embung Puntiq”. Cerita ini terdapat  juga di Papua dengan judul “Putri Bungsu dari Danau”. Cerita ini dimiliki juga  oleh suku-suku lain di Indonesia. Sosok Dewi Sri sering dihubungkan dengan  ular sawah dan burung sriti (walet). Ular sawah disucikan karena ular ini menjaga  padi dan memangsa tikus yang menjadi hama tanaman padi.  Mitos Dewi Sri ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pelestarian lingkungan. Dalam ritual adat, masyarakat memohon pelindungan  dari penguasa alam.
  4. Mitos Dewi Sri ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pelestarian lingkungan. Dalam ritual adat, masyarakat memohon pelindungan dari penguasa alam.

  Diolah dari sumber “Dewi Sri” (2006), karya Heny V Tinneke

 

  • Tentukan ide pokok masing-masing paragraf di atas!
  • Perhatikan kata-kata berikut! Pilih yang merupakan kata baku! Perbaiki yang bukan kata baku!
  1. Kreatif
  2. Aktip
  3. Mesjid
  4. Sabtu
  5. Jum’at

 

  • Tulislah teks deskripsi, minimal 3 paragraf!

 

Maa Najah!

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Comment