Menulis Kembali Berita yang Dibacakan ke dalam Beberapa Kalimat

Tas

Menulis Kembali Berita yang Dibacakan ke dalam Beberapa Kalimat

 

Menulis Kembali Berita yang Dibacakan ke dalam Beberapa Kalimat termasuk materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 7.

 

Indikator

  • Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio atau televisi
  • Mampu menuliskan kembali isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat

 

Kegiatan Pembelajaran

Sekarang ini media televisi mengalami perkembangan yang pesat, banyak statsiun baru bermunculan, baik skala nasional maupun lokal. Salah satunya Net dan RTV. Dalam tanyangan televisi maupun siaran radio biasanya ada program khusus berita.

Sebagai siswa yang baik, di zaman yang maju ini, haruslah memiliki wawasan informasi yang akurat, tepat dan terpercaya. Karena itu, sudah selazimnya para siswa tidak hanya menonton tayangan sinetron, musik atau kartun. Alangkah lebih baiknya jika juga menyimak berita di televisi, misal acara kabar pagi, metro hari ini, seputar indonesia, redaksi pagi, liputan 6, dll.

Nah, dalam pembelajaran ini, para siswa akan dilatih untuk menyerap isi berita dan mengungkapkannya kembali.

 

Unsur berita

Seperti yang telah kami tuliskan pada materi sebelumnya, unsur berita ada 6, disingkat menjadi askadimega : Apa, Siapa, Kapan, Di mana, mengapa, dan bagaimana. Dalam bahasa Inggris; what, who, when, where, why, dan how.

Berikut adalah contoh berita,

Grup Band kenamaan asal Yogyakarta, Sheila on 7 menghentak Kota Malang dalam Malang Night Festival. Kegiatan yang dihelat Sabtu (23/8) ini berpusat di Alun-alun Kota Malang. Ribuan orang tumblek blek mengikuti acara, terutama saat Sheila on 7 tampil di panggung utama. Kegiatan Malang Night Festival diadakan dalam rangka ulang tahun Kota Malang ke-120. Acara yang berlangsung dari Jumat-Sabtu (22-23/8) ini diisi berbagai kegiatan. Diantaranya pesta kuliner, festival bambu, festival apel, dll. Puncak acara tersebut adalah konser Sheila on 7.

Jalannya konser.

Konser yang dimulai pukul 20.00 ini dibuka dengan lagu “Selamat datang”, dilanjut “Lapang dada”. Acara yang dipandu DJ Prita Laura dan Aninda ini semakin seru manakala disela-sela konser ditampilkan video perjalanan Kota Malang dari masa ke masa.

Penonton kembali diajak berjungkrak dengan nomor lagu “Melompat Lebih Tinggi”, “Seberapa Pantas” dan “Sahabat sejati”. Setelah 3 lagu nge-beat, penonton diajak bernyanyi lagu melow “berhenti berharap” dan “lihat, dengar, dan rasakan”.

Acara konser itu berlangsung atraktif, grup yang digawangi Duta, Erros, Adam, dan Brian menyapa fans setianya ramah. Disela-sela lagu meraka mengajak penonton bernyanyi bersama. Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini ditutup dengan lagu ”Sebuah Kisah Klasik”. Sebuah penutup yang manis. Andini Maryani (15) salah satu penonton merasa senang bisa melihat konser Sheila on 7.

 

Tugas!

  1. Analisis berita tersebut berdasarkan unsur berita (5 W + 1 h) (Akadimega)!
  2. Tulis kembali berita yang dibacakan tersebut ke dalam beberapa kalimat!

Referensi : LKS wijayakusuma

Demikianlah materi pelajaran bahasa indonesia kelas 7 Menulis Kembali Berita yang Dibacakan ke dalam Beberapa Kalimat

Be Sociable, Share!

Leave a Comment