Desain Pembelajaran Teks Cerpen Mapel Bahasa Indonesia Kelas IX SMP

Toko Buku Online Belbuk.com

Contoh Desain Pembelajaran Teks Cerpen Mapel Bahasa Indonesia Kelas IX SMP

NoIPK PengetahuanIPK KeterampilanKegiatan PembelajaranSumber Belajar/MediaPenilaian
3.5.1 Menyebutkan unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca 

3.5.2 Menjelaskan unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca 
3.5.3 Menentukan unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca
3.5.4 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca  
3.5.5  Membandingkan unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek  yang dibaca.
4.5.1  Menunjukkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca. 

4.5.2  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun  karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca
4.5.3 Menyempurnakan unsur-nsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung
Pendahuluan:Dalam kegiatan pendahuluan :a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; b. memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik; c. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; d. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan e. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.Agus Trianto, Agus. 2014. Buku Teks Siswa kelas IX K-13 Revisi, Jakarta: Kemdikbud.
Badan Bahasa, Kemdikbud. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  edisi V.
Badan Bahasa, Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. (PUEBI)
Sikap:Lembar ObservasiPengetahuan:Cermati kutipan teks berikut…
Angin berhembus, dingin menusuk membuat gigil. Tapi aku tak peduli. Ada yang lebih gigil tinimbang kulit: hatiku. Gigil dan perih teramat. Sumi, istriku itu berubah menjadi sosok yang menakutkan. Pertengkaran demi pertengkaran, cekcok dan ribut. Sebabnya satu, kesulitan ekonomi. Hidup di negeri ini memang aneh, gaji pejabat dinaikan, sementara buruh pabrik kasar sepertiku tak pernah naik upahnya. Selalu rendah. Dan yang lebih menyakitkan, harga kebutuhan hidup semakin meroket. Bawang pun harganya melonjak.Senyum  bulan celurit seakan menertawakan kegalauanku ini. 

Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah ….Pagi hariSiang hariMalam hariSore hari

KeterampilanDi tepi hutan yang lebat, tinggallah Kiko Belalang dan binatang lainnya seperti koloni Semut, koloni lebah, dan lainnya. Binatang lainnya bekerja keras siang dan malam dengan rajin tanpa kenal lelah menyiapkan makanan sebagai persiapan di musim dingin. Mereka saling membantu karena musim gugur akan hampir usai.Sementara binatang lain giat bekerja untuk persiapan musim dingin, Kiko Belalang masih saja asyik dengan biolanya dan tanpa satu lagu pun dia ciptakan.”Hai, Kiko Belalang, apakah kau tidak bekerja untuk persiapan musim dingin?” tanya lebah pada suatu hari.“Apa yang kau tahu? Kau ini tak sepintar aku. Aku ini adalah serangga yang memiliki bakat dan ditakdirkan menjadi musisi besar,” kata Kiko Belalang dengan sombongnya. “Kami hanya mengingatkan, jika kau kurang persiapaan, kau akan kesulitan dan kelaparan di musim dingin, “  sambung semut. Namun, Kiko Belalang tetap ajeg dengan pendiriannya.Musim dingin pun tiba. Semua binatang berada di rumahnya dengan nyaman. Namun, sebaliknya dengan Kiko Belalang. Dia kelaparan. Dari rumah ke rumah Kiko Belalang meminta bantuan. Tak satu teman pun mau menolong karena kesombongannya itu. Tibalah Kiko Belalang di rumah semut. ”Hai, Semut sahabatku, aku kelaparan dan kedinginan. Maukah kau berbagi makanan?” kata Kiko Belalang sambil memelas. Semut, kasihan dengan nasib Kiko Belalang. Semut membantu Kiko dan memberi tempat berlindung di rumahnya.Kiko merasa malu dengan sikapnya selama ini. Ia meminta maaf kepada semut dan akan meminta maaf kepada binatang lainnya serta berjanji tidak akan mengulanginya lagi.Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah …A. Jangan sombong dan bermalas-malasan.B. Hidup harus tolong-menolong dengan sesama.C. Harus memaafkan jika ada orang mengaku bersalah.D. Untuk masa depan harus menyiapkan segalanya dengan baik.
Inti:1. Stimulation (Pemberian Rangsangan) 1) Peserta didik  membaca penggalan cerpen.Janji SahabatPrito WindiartoMenatap bangunan bercat biru itu Randi berundai air mata. Ada jalinan kisah yang terpatri di sana. Nostalgia ini selalu mengingatkannya pada satu nama yang takkan terlupa: Rio. Ponsel Randi bergetar. Ada sebuah pesan singkat masuk.Iya Ran, akan kuusahkan.Pengirim: My Rio
Ya. Tak salah lagi yang mengirim pesan singkat tadi adalah sobat kentalnya itu. Randi kemudian mendekat ke arah bangunan yang tak lain sekolah SMP-nya dulu. Di depannya sebuah gerbang bercat putih kokoh berdiri.Sumber: Kumcer Piala untuk Imih: Koleksi Pribadi
2) Peserta didik melakukan curah pendapat berdasarkan penggalan cerpen yang dibaca. 3) Peserta didik merespon pertanyaan membangun yang berkaitan dengan cerpen yang dibaca. 4) Peserta didik membaca cerpen “Kebaikan Membawa Berkah” yang dibagikan pendidik 2.  Problem Statement (Identifikasi masalah) 1) Peserta didik mengidentifikasi permasalahan yang terkait unsurunsur pembangun teks cerpen. 2) Permasalahan di antaranya diarahkan supaya menanyakan informasi apa saja dalam teks cerpen “Kebaikan Membawa Berkah” dan menyimpulkannya. 3) Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, peserta didik merumuskan masalah terkait dengan pengidentifikasian informasi dan penyusunan simpulan yang tepat untuk teks cerpen. 3. Data Collection (Pengumpulan Data) 1) Peserta didik  mengumpulkan informasi dan membaca dari berbagai sumber tentang unsur-unsur pembangun cerpen.  2) Peserta didik mendata unsur instrinsik dan ekstrinsik yang berhubungan dengan cerpen yang dibaca. 3) Peserta didik membaca dari berbagai sumber tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik dan bertanya pada pendidik mengenai teknik menyimpulkan. 4) Mengidentifikasi hasil yang sudah dikumpulkan atau didata untuk membuktikan kebenaran hipotesis sesuai dengan isi cerpen.4. Data Processing ( pengolahan data ) 1) Peserta mengolah data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan mengenai unsur ekstrinsik dan instrinsik pada LKPD 1.1. 2) Peserta mengolah data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan mengenai simpulan unsurunsur pembangun cerpen tersaji pada LKPD 1.1. 5.  Verification (Pembuktian ) 1) Peserta didik mengutus salah satu anggota kelompok dari masingmasing kelompok untuk mengunjungi kelompok lain, misalnya kelompok 1 mengunjungi kel. 2, 3, 4, dan 5. Kel. 2 dst. 2) Masing-masing utusan kelompok kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan hasil kunjungannya. 3) Peserta didik mendiskusikan hasil kunjungan untuk membuktikan benar tidaknya hasil kerja  kelompok. 4) Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dengan mencatat dan merespon berdasarkan  hasil kunjungan 6. Generalization (Menarik kesimpulan / Generalisasi) 1) Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya berdasarkan utusan kelompoknya masing-masing dan ditanggapi oleh pendidik. Setelah itu, menarik kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua permasalahan yang sama.
Penutup:a. seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; 
b. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 
c. melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan 
d. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS

Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.

Banner Iklan Sariksa

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:

  1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
  2. Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:

  1. Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
  2. Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
  3. Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
  4. Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
  5. Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
  6. Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.

Rubrik Penilaian:

NilaiRubrik
90 < nilai ≤ 100Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai ≤ 90Lima  aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai ≤ 80Empat  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai ≤ 70Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai

Tinggalkan komentar