Analisis Unit Pembelajaran : Teks Laporan Percobaan

Toko Buku Online Belbuk.com

Analisis Unit Pembelajaran : Teks Laporan Percobaan

IN-2

LK 2 Analisis Unit Pembelajaran

NAMA UNIT PEMBELAJARAN KE 1 : TEKS LAPORAN PERCOBAAN

JENJANG : SMP

Unsur HOTS pada Kegiatan Pembelajaran 

KDIPKMateriKegiatan Pembelajaran 
HOTS
Transfer KnowledgeCritical thinking, Creativity Problem Solving
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)Penunjang: 3.1.1 Menentukan informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

Inti : 3.1.2 mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
Pengayaan:3.1.3 Menyimpulkan informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
Identifikasi informasi dari teks laporan percobaaan1. Peserta didik menyaksikan tayangan pecobaan  2. Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menggali pengetahuan berkaitan dengan tayangan yang telah disaksikan 3. Peserta didik merespons pertanyaan-pertanyaan yang membangun konteks berkaitan dengan tayangan tersebut. 
4. Peserta didik melakukan kunjungan kerja ke kelompok lain, satu orang anggota kelompok bertugas menjelaskan hasil diskusi di kelompok masing-masing.
 5. Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan memberikan penjelasan hasil kerja kelompok. Peserta didik yang berkunjung memberikan respons dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk mendalami dan mengetahui kebenaran hasil identifikasi teks yang telah dibaca. 
6. Peserta didik yang bertugas mempresentasikan dan memberikan penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran hasil identifikasi yang telah didiskusikan di kelompok masing-masing.
7. Peserta didik yang berkunjung menuliskan catatan-catatan di kertas post-it berupa penilaian, tanggapann, atau masukkan terhadap hasil kerja kelompok lain dan menempelkannya pada plano hasil kerja kelompok tersebut. 
8. Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada tempat pajangan yang disediakan. 
1. Peserta didik  mendata informasi sesuai dengan isi teks. 
2. Peserta didik mengklasifikasikan data berdasakan isi teks.
 3. Peserta didik mengidentifikasi hasil yang sudah diklasifikasi sesuai dengan isi teks.  
4. Peserta didik mengungkapkan kembali tentang isi teks yang telah dibaca.
5. Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenai teks LHP melalui kegiatan mendengarkan dan membaca. 
6. Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas. 
7. Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama menyimpulkan pembelajaran teks LHP. 
  8. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
1. Peserta didik membaca teks LHP dengan topik  percobaan membuat teleskop yang dibagikan.  
2. Peserta secara berkelompok menyusun pertanyaan terkait dengan teks LHP. 
3. Secara berkelompok peserta didik menerima format daftar isian tentang identifikasi teks LHP. (LK. 1.1) 

4. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil identifikasi teks LHP. 
5. Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan isi teks LHP. (LK. 1.4) 

6. Peserta didik mengungkapkan kembali tentang isi teks yang telah dibaca.
 7. Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenai teks LHP melalui kegiatan mendengarkan dan membaca. 
8. Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas.
9. Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama menyimpulkan pembelajaran teks LHP. 
10. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran 
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Penunjang4.1.1 Merancang tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca Inti:4.1.2 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca. 
Pengayaan4.1.3 Mengembangkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca. 


Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil teks Laporan Hasil Percobaan1. Peserta didik membaca teks LHP berjudul teks cara membuat es krim 2. Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menggali pengetahuan mereka berkaitan dengan teks yang telah dibaca 3. Peserta didik merespons pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan teks 4. Peserta didik melakukan kunjungan kerja ke kelompok lain, satu orang anggota kelompok bertugas menjelaskan hasil diskusi di kelompok masing-masing. 5. Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan memberikan penjelasan hasil kerja kelompok. Peserta didik yang berkunjung memberikan respons dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk mendalami dan mengetahui kebenaran hasil telaah teks yang telah dibaca. 6. Peserta didik yang bertugas mempresentasikan dan memberikan penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran hasil telaah yang telah didiskusikan di kelompok masingmasing. 7. Peserta didik yang berkunjung menuliskan catatan-catatan di kertas post it berupa penilaian, tanggapan, atau masukkan terhadap hasil kerja kelompok lain dan menempelkannya pada plano hasil kerja kelompok tersebut.
8. Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada tempat pajangan yang disediakan. 
1. Peserta didik menelaah struktur teks LHP 
2. Peserta didik menelaah kebahasaan teks LHP 

3. Peserta didik merancang kegiatan yang pernah atau akan dilakukan ke dalam bentuk teks LHP dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, dan isinya. 

4. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil telaah struktur dan kebahasaan teks LHP 
5. Peserta didik secara berkelompok membaca dan membandingkan struktur dan kebahasaan teks LHP 
6. Peserta didik menyajikan data rangkaian yang sudah dibuat ke dalam bentuk teks LHP 
7. Pendidik dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang  menelaah struktur dan penggunaan bahasa dalam teks LPH. 2
1. Peserta didik membaca teks LHP berjudul cara membuat es krim
 2. Peserta didik secara berkelompok menyusun pertanyaan terkait kedua teks tersebut. 
3. Secara berkelompok peserta didik menerima format isian struktur dan kebahasaan teks LHP
4. Peserta didik menelaah struktur teks LHP 
5. Peserta didik menelaah kebahasaan teks LHP 

6. Peserta didik merancang kegiatan yang pernah atau akan dilakukan ke dalam bentuk teks LHP dengan memperhatikan struktur, kebahasaan

7. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil telaah struktur dan kebahasaan teks LHP 
8. Peserta didik secara berkelompok membaca dan membandingkan struktur dan kebahasaan teks LHP 
9. Peserta didik menyajikan data rangkaian yang sudah dibuat ke dalam bentuk teks LHP 
10. Peserta didik mengungkapkan kembali tentang struktur dan penggunaan bahasa yang terdapat dalam teks yang telah dibaca.
11. Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenai sruktur dan penggunaan bahasa yang telah ditelaah melalui kegiatan mendengarkan dan membaca. 12. Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas.
13. Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama menyimpulkan pembelajaran teks LHP. 
14. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran

Banner Iklan Sariksa
KDIPKMateriKegiatan Pembelajaran
Keterampilan abad 21
PPKLiterasi4C
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)3.1.1 Menentukan informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)3.1.3 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)Teks Laporan PercobaanPeserta secara berkelompok menyusun pertanyaan terkait dengan teks LHP.(Kerjasama) 
Peserta didik mengungkapkan kembali tentang isi teks yang telah dibaca.(Mandiri)
Peserta didik yang bertugas mempresentasikan dan memberikan penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran hasil identifikasi yang telah didiskusikan di kelompok masing-masing.(Integritas)
Peserts didik membaca teks LHP dengan topik percobaan membuat teleskop yang dibagikanPeserta didik mengungkapkan kembali tentang isi teks yang telah dibacaPeserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenal teks LHP melalui kegiatan mendengarkan dan membacaCRITICAL THINGKING(BERFIKIR KRITIK)
 Peserta didik secara berkelompok menyusun pertanyaan terkait dengan teks LHP
COMMUNICATION(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil identifikasi teks LHP.
COLLABORASI (KERJASAMA)
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan hasil identifikasi teks LHP
CREATIVITY(KREATIVITAS)
Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenal teks LHP melalui kegiatan mendengar dan membaca




Penilaian

Pengembangan SoalKesesuaian Penilaian HOTS
IPKMateri
Cermati teks berikut! Kembar mayang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kita bisa memanfaatkannya untuk usaha sampingan. Hasilnya juga lumayan. Kita tidak perlu susah-susah mencari siapa yang akan membutuhkan kembar mayang, cukup ikut salon atau dekorasi pengantin. Judul laporan yang tepat mewakili cuplikan itu adalah….  Membuat Kembar MayangBagaimana Membuat KueMemanfaatkan Kembang MayangMembutuhkan Kembang MayangMengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan dibacaTeks Laporan PercobaanSoal sudah HOTS karena berada pada tingkat pemahaman C4

Tinggalkan komentar