Bahan Ajar Menentukan Isi Teks Deskripsi : Mapel Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs

Toko Buku Online Belbuk.com

Bahan Ajar Menentukan Isi Teks Deskripsi : Mapel Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs

MATERI BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI

  • MATA PELAJARAN             : BAHASA INDONESIA
  • KELAS                                    : VII ( Tujuh )
  • SEMESTER                            : I  ( SATU )
  • TAHUN PELAJARAN           : 2020/2021

TEKS DESKRIPSI

Kompetensi Dasar 3.1 : Menentukan isi teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca

Menentukan Isi Teks Deskripsi

Bacalah dua teks deskripsi berikut!

Teks 1

Kamar Tidurku yang Nyaman

Kamar tidurku sangat lebar dan nyaman. Ruangan itu memiliki luas kira-kira 42 meter persegi. Di dalamnya terdapat satu tempat tidur dan meja belajar yang  diletakkan tepat di sebelah lemari pakaianku yang terbuat dari kayu jati.

Tembok kamarku dicat dengan warna biru muda  yang melapisi seluruh bagian permukaan tembok kamarku. Pemilihan warna ini dikarenakan warna ini sangat tenang dan memberikan efek rileksasi untuk menghilangkan stres. Aku juga menggantung beberapa lukisan yang indah di tembok kamarku

Selain itu, ada juga sebuah poster idolaku, Albert Einstein yang aku tempelkan bersebelahan dengan cermin besar. Cermin itu aku letakkan tepat di samping lemari pakaianku.

Banner Iklan Sariksa

Teks 2

Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi, sedikit terdengar asing di telinga para wisatawan lokal maupun luar daerah. Air terjun lembah ini terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Akses jalan menuju tempat ini memang cukup sulit karena kawasan Ulu Belu merupakan suatu daerah terpencil di Lampung dengan kontur berbukit, sehingga membuat tempat wisata ini silit diraih.

Air Terjun Lembah Pelangi memiliki dua tingkatan. Air terjun pada tingkatan kedua bercabang dua. Tinggi air terjun pada tingkatan pertama 100 meter, sementara air terjun tingkatan kedua sekitar belasan meter. Pesona terbaiknya yaitu pelangi yang muncul diantara lembah dan air terjun seperti namanya. Gemericik suara air terjun bagaikan nyanyian alam yang akan menghapus penat perjalanan panjang ke sana. Di bawah air terjun ini ada beberapa titik sumber air hangat yang menjadi tempat menarik untuk berendam.

Di tempat ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama keasrian alam yang sangat memukau setiap pasang mata yang melihatnya. lingkungan bukit berbatu yang ditemani rimbunnya pepohonan benar-benar akan menyejukkan kedua bola mata. 

Tugas

Isilah tabel berikut!

PerbedaanTeks 1Teks 2
Topik utama yang dideskripsikan  
Rincian isi    
Tujuan penulisan    

Tulis soal (tabel) dan jawaban di buku tulis, lalu fotokan dan unggah (upload) / tambahkan lampiran ke Google Kelas.

Selamat mengerjakan…

Tinggalkan komentar