Permainan (Games) Pelajaran Bahasa Indonesia : Melatih Kosa Kata

Permainan (Games) Pelajaran Bahasa Indonesia : Melatih Kosa Kata

 

Prito Windiarto

 

Pelajaran bahasa Indonesia oleh sebagian orang dianggap menjemukan. Salah satu tips agar kesan itu tidak semakin menjadi adalah dengan mengadakan permainan (games). Permainannya tentu yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Indonesia.

Nah, sambil pembelajaran atau rehat, tak ada salahnya kita latihan kosa kata. Latihan ini diambil dari buku “Be Brilliant Writer”nya Bunda Afra.

Teknisnya begini, untuk memudahkan silakan bisa buka kamus. Ini sekedar games, tak terlalu menuntut penerapan bahasa baku. Asal bisa dipahami oleh pembaca, sudah cukup bagus. Berikut ketentuannya.

Guru bisa mengintruksikan siswa untuk menyiapkan kertas dan pulpen. Permainan ini dilakukan untuk menguji seberapa banyak kosa kata yang kita miliki. Guru meminta siswa untuk mencoba menyusun sebuah paragraf dengan kata-kata penyusun berhuruf awal urutan alphabetik. Dari a sampai z.

Berikut Contoh Permainan Latihan Kosa kata:

 

Ada Bangku Cantik Di Emper Fakultas. Gagah, Halus! Ih Jadi Kepengen Langsung Meloncat Nangkring. Oh, Permukaannya Quarsa. Rabbi, Sebuah Tata Ukiran Versi Wirawan, Xilograf Yang Zuhud.

 

Nah, ayo buat yang semisal!

Kalau pun tidak bisa sampai huruf Z ya semampunya saja. Misahl

Akulah Bintang Cemerlah Di Etihad. Francis. Gemerincing, halus! Indah Jadi Kesayangan.

 

Atau

Ambil balon cinderamata dari Erni. Friska gondok hanya ingin jangan jadi kedua

Bisa juga

Angin bulan cinta dan emosi.

 

Silakan aplikasikan sembari melatih kemampuan kosa kata kita. Semakin banyak kosa kata yan kita miliki, maka semakin baik susunan yang ada. Perlu kejelian di dalamnya. Seorang guru bisa memeberikan permainan ini pada murid. Murid diminta menuliskan semampunya. Siswa yang mampu menulis deretan kosa kata paling banyak (dan tentu saja bersambung) adalah pemenangnya. Beri padanya hadiah penyemangat.

Ini penting agar pembendaharaan siswa semakin baik.

 

Semoga ini bisa menjadi salah satu referensi agar pembelajaran bahasa Indonesia tak lagi membosankan, malah sebaliknya menyenangkan dan disukai siswa. Semoga.

Salam pelajaran bahasa Indonesia.

 

Demikianlah Permainan (Games) Pelajaran Bahasa Indonesia : Melatih Kosa Kata

 

Be Sociable, Share!

Leave a Comment