Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

 

Sekelumit Kisah dari Pesantren

Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

Judul               : KISS (Kisah Indah Seputar Santri)

Penulis             : Binta Al-Mamba dkk

Penerbit           : Jendela (Lini Zikrul Hakim)

Cetakan I        : Desember 2012

Tebal               : 175 Halaman

Peresensi         : Prito Windiaro*

 

Mendengar kata santri, apa yang terdetak di benak? Sebagian besar tentu saja membayangkan anak/remaja/pemuda yang bersarung, berkopiah rapi, atau pemudi berjilbab sambil membekap kitab. Namun ada pula yang membayangkan santri adalah sesosok pemuda/pemudi yang kucel, korengan, kusut. Bahkan yang lebih sadis ada yang mengaitkan santri dengan teroris. Benarkah demikian?

Buku KISS (Kisah Indah Seputar Santri) ini bisa dimaknai sebagai jembatan perkenalan, siapa dan bagaiamana santri. Tentu saja sesuai bentuknya berupa kumpulan kisah, buku ini tak menjawab secara teoretis. Buku ini “menjawab” secara tidak langsung dengan alunan kisah nan indah.

Puluhan untai cerita disuguhan dengan ragam rasa. Ada gembira, lucu, sampai haru dan menegangkan-seram. Dalam kisah berjudul password, Binta Al-Mamba menyuguhkan kisah ringan tentang kebiasaan santri-santri yang biasa “menyerbu” makanan santri lain –tentu saja dengan izin. Ada pula kebiasan unik membuat tulisan ojo senggol iki udun (jangan disenggol ini bisul!) dalam kisah bertajuk Mitos Jama Taktisr. Lain hal dengan kisah “Serigala” yang terasa mengegangkan dan meyeramkan, cerita berbau mistis yang dibawakan apik.

Kisah-kisah dalam buku ini sejatinya tidak terlalu berat untuk dipahami, dengan pemaparan yang mengalir termasuk selipan bahasa Arab dan penggambaran setting pesantren membuat pembaca seolah-olah dibawa berkelana menyusuri setiap jengkal pesantren. Bagi yang pernah mesantren kisah-kisah yang termaktub terasa sebagai sebuah nostalgia yang indah, sesekali tersenyum membaca cerita yang menggelikan atau anekdot dan plesetan yang lucu. Bagi yang belum pernah mesantren buku ini berusaha mengajak pembaca mengenal lebih jauh pesantren dengan segala pernik di dalamnya.

Tak hanya itu, hampir di setiap kisah yang disajikan terhampar banyak pelajaran yang layak dipetik hikmahnya. Di bagian akhir, juga dipaparkan tips-tips memilih pesantren dan kiat agar betah tinggal di pesantren. Buku inspiratif ini sangat cocok bagi siapapun yang tertarik mendalami hal yang berhubungan dengan dunia pesantren.

“Sungguh di dalam pesantren kami hanya diajarkan apa-apa yang diwariskan para Nabi. Melalui para pewarisnya, ulama-ulama panutan yang tak pernah mengajarkan bahwa jihad itu membunuh jiwa tak berdosa.” Kutipan buku halaman 104.

Selamat membaca!

Wallahu a’lam bishowab

Contoh Resensi Buku Novel

Contoh Resensi Buku Novel

*Prito Windiarto lahir di Dayeuhluhur-Cilacap, 25 November 1989. “Menulis” sejak SMP, lumayan intens ketika nyantri di PPM Darul Huda, Banjar. Sekarang tercatat sebagai mahasiswa Diksatrasia FKIP Universitas Galuh Ciamis, sekaligus santriwan Ponpes Arrahmaniyyah.

Penulis Novel “Tiga Matahari” dan Kontributor belasan buku Antologi diantaranya Antologi Puisi “Kepingan Kehidupan”. Bergiat di (KPS) Komunitas Pena Santri.

Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Contoh Resensi Buku Fiksi : Sekelumit Kisah dari Pesantren

  1. Buku ini asyik banget! Dengan buku ini anak-anak bisa membaca kisah menarik dari Alkitab, dan tentunya mereka akan lebih memahaminya, karena disampaikan dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti. Gambarnya pun bagus. Yang menarik, halaman tengah buku ini bisa ditarik jadi lebih panjang. Penasaran kan? Silakan kamu membacanya sendiri.

Leave a Comment