Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Biografi

Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Biografi

 

Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Pengertian Biografi dan Contoh Soalnya

Prito Windiarto, S.Pd.

Orang yang sukses, atau jalan hidupnya bisa menginspirasi kisahnya biasa diangkat, baik dalam format buku maupun film. Misalnya kisah nabi Muhammad saw. diabadikan dalam banyak buku, semisal Sirah Nabawiyah, Qishotu risalah, dll. Begitu halnya tokoh kontemporer, semisal Steve Job,dll.
Nah, penulisan kisah tersebut secara umum dikenal melalui dua cara, yakni biografi dan autobiografi.
A. Pengertian Biografi dan Autobiografi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Intinya kisah hidup itu ditulis oleh orang lain. Contohnya buku biografi pendiri Microsoft, Bill Gates.

Sementara autobiografi menurut KBBI adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. Jadi kisahnya ditulis oleh dirinya sendiri. Contohnya autobiografi Habibie – Ainun yang ditulis sendiri oleh Habibie.
Perlu disampaikan di sini bahwa ada beberapa novel yang tampak sebagai biografi atau autobiografi. Misal novel biografi “Sepatu Dahlan”, novel “Mimpi Sejuta Dolar”, dll. Sementara novel autobiografi misalnya novel “Laskar pelangi”, “Negeri 5 Menara”. Dll. Meski demikian karena itu masuk kategori novel yang notabene fiksi, jadi tidak termasuk dalam biografi atau auto biografi.

B. Variasi Soal UN Biografi
Soal yang biasanya ditanyakan dalam UN adalah biografi, tidak autobiografi. Variasi soalnya adalah;
1. Keistimewaan tokoh
2. Hal yang patut diteladani

Kata kunci untuk keistimewaan tokoh adalah hal yang menonjol yang jarang atau bahkan tidak dimiliki orang lain. Sementara kata kunci hal yang patut diteladani adalah sikap / sifat yang bisa diikuti orang lain.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal biografi berikut!:

Biografi Afifah Afra
Afifah Afra adalah nama pena dari Yeni Mulati. Penulis produktif ini lahir 18 Februari 1979. Ia telah menghasilkan lebih dari 40 buku. Ia termasuk pribadi yang ulet, menulis kapan pun dan dimana pun berada. Baginya menulis adalah prose smembaca diri.

Pertanyaan:
1. Keistimewaan tokoh tersebut adalah?
a. Nama aslinya Yeni Mulati
b. Lahir tanggal 18 Februari 1979
c. Telah menulis lebih dari 40 buku
d. Ia pribadi yang ulet, menulis kapan pun dan di mana pun

Maka dari opsi pilihan yang paling kentara adalah C. telah menulis lebih dari 40 buku. Bukankah amat jarang yang bisa menulis buku sebanyak itu? Soal nama dan tanggal lahir itu bukan hal istimewa.

2. Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah?
a. Nama pena Afifah Afra
b. Lahir tanggal 18 Februari 1979
c. Mampu menulis lebih dari 40 buku
d. Ia pribadi yang ulet, menulis kapan pun dan di mana pun

Mana hal yang mungkin diikuti? Tentu d. Ia pribadi yang ulet, menulis kapan pun dan di mana pun. Keuletan tentu bisa diikuti.

Demikianlah Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Biografi / Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Pengertian Biografi dan Contoh Soalnya.
Semoga bermanfaat. Jangan lupa bantu share ya.

Baca juga : Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Berita
Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP : Isi dan Bagian Teks

Be Sociable, Share!

Leave a Comment