Pesan Guru untuk Murid-Muridnya

Pesan Guru untuk Murid-Muridnya

Berikut merupakan lanjutan dari nasihat guru untuk murid sebelumnya.

 

Pesan guru untuk murid-muridnya.

  1. Do what you love, love what you do

Kerjakan apa yang kau cintai, cintai apa yang kau lakukan. Pepatah bijak tersebut layak dipertimbangkan oleh anak-anakku sekalian. Terutama untuk memilih profesi apa kelak. Carilah profesi yang sekiranya membuat kalian nyaman ketika menjalaninya. Kalau suka berkelana, tentu tidak cocok kerja kantoran. Kalau sukanya suasana yang tenang, jauh dari hiruk pikuk, tentu tidak cocok kerja di pasar yang banyak orang.

Tersebab itu, mari merenung sejenak anak-anakku, apa sekiranya hal yang paling kalian cintai. Tentu yang dimaksud adalah hal yang positif, kalu hanya nongkrong dan nonton tv sih tidak termasuk. Contoh yang positif, suka ngoprek barang elektornik. Nanti bisa diasah dengan masuk SMK Elektro. Selepas itu ragam profesi bisa diraih, jadi montir elektronik, kerja di perusahaan raksasa elektronik semisal Samsung, LG, dll. Atau contoh lainnya. Tentu anak-anakku sekalian lebih paham.

Kelebihannya, jika kita mengerjakan apa yang kita cintai, maka itu akan berkembang dengan baik. Kalau istilah teman bapak, menikmati hobi sembari bekerja, sekaligus berkerja sambil menjalankan hobi.Enak kan?

Tapi jangan bersedih jika apa yang dikerjakannya kini bukan apa yang selama ini dicintainya. Santai saja bro! Gunakan nasihat kedua “love what u do”, Cintai apa yang kau lakukan. Jadi apa pun selagi halal, kerjakan, cintai, nanti akan nyaman sendiri, InsyaAllah.

 

  1. Belajar dari Orang-orang Sekitar

Salah satu hobi bapak sedari dulu adalah mengamati orang lain. Mengamati guru-guru, teman-teman, pokoknya orang-orang sekitar. Mengamati sikap dan perilakunya.

Ya, tak ada salahnya kita belajar dari kehidupan yang lain. Jika ada sikap positif yang dimiliki, tak ada salahnya diikuti. Kedermawanannya, kesantunannya, dll. Kita belajar. Owh, beliau gini, ngajarnya enak, nanti kalau aku ngajar insyaAllah kaya gitu, bahkan lebih. Owh pak haji ini gini, sholeh sekali, saya pun InsyaAllah demikian.

Pun sebaliknya jika ada hal negatif dari yang lain semoga jadi pengingat. Wah, ternyata digosipin orang itu gak enak, ah saya mah nggak. Ih ternyata judes itu sama sekali nggak banget, pokonya aku tak akan demikian, dll. Dengan belajar dari orang sekitar, kita berharap kita mampu meneladani yang baik, menjauhi yang buruk.

 

  1. Berbuat Baiklah, Di manapun, Kapanpun, selagi ada celah, pasti akan dibalas

Ini adalah inti nasihat guru bapak dulu, Ustadz Abduh yazid. Berbuat baiklah, pasti kan dibalas. Di mana seseorang menanam kebaikan, suatu saat kebaikan itu kan bisa dipanen. Tidak hari ini, esok lusa, atau nanti, di akhirat kelak.

Yakinlah, terus berbuat baik, sekemampuan. Perbuatan baik pasti akan dibalas, tanta tertukar, sedikitpun. InsyaAllah. Jangan jemu menjadi orang baik.

 

Demikianlah pesan guru untuk murid, semoga bermanfaat. Pesan Guru untuk Murid-Muridnya

Be Sociable, Share!

Leave a Comment